Renungan Hari Ibu

Barusan chat via YM dengan mammieku,

Cuma sebentar, singkat, dan ditutup dengan kecupan manis dan terselip kata2: “Well Ira… happy mother’s day tomorrow ya say…. mammie takut lupa, karena schedule lagi padat…”

Entah karena sedang mellow, entah karena sambil denger lagu ‘Bunda’ di tv, tapi aku langsung liat abigail yang dah terlelap di sampingku….. dan air mataku menetes….

I said to me and to my mom… “Happy mother’s day 2…”

Aku niat pengen nulis…. pengen cerita…. pengen sharing…..
Aku review perjalanan umurku setahun ke belakang…..

Setahun lalu…..
Pagi2.. begitu bangun… sambil urus sarapan, siapin abigail sekolah, sambil siap2 sendiri ke kantor, di kepalaku penuh dengan urusan kantor yg hari itu harus dijalanin….

Setahun lalu….
Siang jam istirahat, aku baru bisa telf abigail, “Lagi apa nak?? Makan pake apa? Mbak masak apa buat abi? Cateringnya ada apa hari ini? Tadi di sekolah gimana?? Bla bla bla….”

Setahun lalu….
Sore jam 5.30 aku baru sampe rumah, disambut pelukan kecil abigail yang dah rapi baru mandi, rambutnya masih basah, piamanya cantik sekali… dan kata2nya sejuuuuukk banget…”Hai maaaaam…. aku seneeeeeeng deh mammie udah pulaaang… cape’ ya ?? bla bla bla…. sambil ngintilin aku masuk, mandi pun… (anakku duduk manis di dalam sambil teruuuusss cerita A sampe Z), sampe selesai salin dan kami pun duduk berdua melepas rindu, sambil nunggu suamiku pulang …

Setahun lalu…
Rasanya malam pendeeek sekali… selesai makan malam, rasanya mata dah berat, tenaga dan pikiran dah terkuras habis seharian di kantor….. percakapan dengan abi ‘nggak bisa maksimal, kecupan dan pelukan slamat bobo jadi hal terindah sepanjang hari itu…….

Begitulah aku menghabiskan umurku, hari2ku kira2 setahun yang lalu….
Hiks Hiks…..

Kemana aku waktu abigail pulang sekolah? Masuk ke rumah.. menunggu sambutan mammienya??
Kemana aku? Waktu siang2 dia ngantuk, pengen ditemenin mammienya??
Kemana aku? Waktu dia demam, ‘nggak enak badan, ‘nggak enak perut…. ???

Aku sedang sibuk urus dokumen di kantor, aku sedang adu argumen dengan bos ku yang selalu berasa bener…. aku sedang telf sana sini, urus urusan kantor, dokumen bisnis yang rasanya saat itu HARUUUUSSS beres, ataw dunia akan runtuh… (ceileeeeeh buuu……….)
Ya Allah…… Maafkan kekhilafanku…..

Bayi mungil yang kehadirannya aku tunggu tunggu….. yang pertumbuhannya dari sel aku jagaaaa sampai sempurna 9 bulan di rahimku, yang tiap malam aku doakan, aku pintakan kesehatan, kesempurnaan dan keselamatannya di dalam perutku sampai kelak besar nanti……

Setelah aku lahirkan…..
2 bulan saja aku bisa sempurna menjaganya, merawatnya, menjalankan amanatku….
karena aku HARUS kembali bekerja.. 8 to 5
duniaku di luar rumah….

Anakku, aku titipkan pada si ‘mbak……

Sejuta dalih dan alasan aku lahirkan, demi pembenaranku meninggalkan bayi mungilku seharian di rumah…. bukan dalam lindunganku, bukan dalam asuhanku, bukan dengan pelukanku……

Sejuta pembenaran aku munculkan, dengan dalih ekonomi…. dengan dalih kesetaraan jenjang karir dengan lelaki, dalih yang paling mujarab adalah… ‘aku kerja kan demi anakku’…. aku mengejar slip gaji………….

Mammmmiiiiiieee…..(terngiang2 suara Abigail….)

There’s always better way to do all that excuses…..

Hari ini…. aku flash back jauuuuuuhhh ke belakang 30 tahun lebiiiihh.

Terlihat jelas sosok ibu rumah tangga sederhana, yang mengabdikan dirinya mengurus 4 orang anak, yang bekerja dari rumah…. jadi istri, jadi ibu, koki, tukang jahit, pendengar komplain, penghilang gundah dan the best teacher for her 4 kids…

Masih teringat kilatan2 keseharianku bersama mammieku di rumah…. masih terbayang 3 gaun cantik yang dia buatkan untuk kami (3 anak perempuannya), masih tercium harum masakannya dari dapur rumah kami… masih teringat hal2 kecil yang membuat kami merasa aman, nyaman dan hangaaaattt berada selalu di dekatnya….

Bukan jabatannya yang akan aku ingat, bukan title sekolahnya yang akan aku kenang… tapi wangi peluh di tubuhnya, erat pelukannya, bisikan lembutnya yang menyejukkan relung hati kami, yang menenangkan kegundahan kami dan memberikan semangat pada kami….

That’s how I want Abigail to remember me later…..

Mom…..
U are the Best….
I Love you always… and Happy Mother’s day 2 u 2……

.

Random Image
Nama
Email
Telp

3 comments on “Renungan Hari Ibu

  1. REYGHA's mum says:

    wow you are really a great mother….happy mother's day, jadi terharu…

  2. FARIELLA says:

    wow ceu Ira, keren banget ceritanya, hope Abi will remember you the way you want :)

  3. iraadity says:

    Amiiiiinn… thank uuuuu mb Lala… I hope so tooooo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>