Kartini Oh Kartini…

Hmm… tgl 21 April niiiyyy…

Selamat hari Kartini yaaa….
Aku mau coba merenung sedikit …. arti dibalik peran Kartini.
Sosok Kartini dengan kegigihannya menjadikan kaum wanita setara dengan kaum pria, cerdas dan punya martabat di mata kaum lawan jenisnya, …..terbayarkan sudah. Hari iniiii kita sebagai kaum wanita punya kebebasan yang patut dibanggakan…. kita bisa bicara, punya hak suara, bisa bekerja dan bisa menimba ilmu sampaaai setinggi yg kita mampu. Bahkan, tidak sedikit wanita yg sudah berhasil menjadi pemimpin dan tulang punggung bagi keluarga.

Sudah banyaaaakkkk sekali kartini2 muda yg punya karir dan masa depan gemilang di bumi Indonesia ini. Mereka membawa bendera kebebasan kaum wanita, mereka punya status dan jabatan yg sama dengan kaum pria… bersyukurlah kita tidak harus hidup sebagai wanita di jaman sebelum Kartini.

Namun, dibalik semua keberhasilan nyata yang terlihat di mata dunia… kita patut pula merenungkan kehidupan calon calon kartini cilik yang kita lahirkan ke dunia ini, yang akan menduplikasi kehebatan ibunda, bunda, ibu, mama, mammie yang pastinya menjadi panutan mereka sejak mata dan hati mereka mulai melihat dunia…
Yup…. sosok ‘sang ibu’… kartini mereka sejati….

Mari kita lihat dengan mata hati kita masing2…. apa yang telah kita berikan sebagai bekal mereka menjadi kartini 4 the next generation??
Bagaimana kita mempersiapkan diri kita dalam membesarkan calon2 kartini kita.. sudahkan kita bekali mereka dengan ilmu, agama dan tauladan perilaku yang sesuai dengan adat istiadat kita?

Seringkali aku menemukan pembenaran dalam diri para wanita muda yang sedang berjuang mengatasi kesulitan ekonomi keluarga mereka…. (tak terkecuali diriku sendiri, hiks)…….Tak terbayangkan peluh yang keluar dari bunda demi mempersiapkan biaya pendidikan yg terbaik bagi anak2 mereka. Tak terhitung waktu bunda yang tersita demi untuk memberikan liburan yg terbaik bagi anak2 mereka…Tak terbayarkan lelah badan bunda demi membantu sang suami menjalankan roda kehidupan keluarga…. Di setiap doa pun bunda berucap..” Ya Allah yang Maha Pengasih dan Maha Pemurah … mudahkanlah jalan rezeki kami…….”

Tapi dalam lelap tidur anakku… aku berkaca.. aku pandangi wajahnya yang masiiihhh amat beliaaa….. terlintas waktu2 berharga yang aku lewatkan…. masa pertumbuhan, masa pencarian figur, masa awal sekolah, masa sedih dan senang anakku….. di saat yang sama, aku dengan dalih2ku, berkutat dengan setumpuk berkas pekerjaan, bergelimang ide dan pemikiran untuk perusahaan…..

Oh Tuhaaaannn…… apakah aku akan punya kesempatan lagi untuk hidup dan mengulangi masa2 indah bersama anakku nanti?? apakah masih ada banyak sisa umurku untuk benar2 ku abdikan bagi amanah yg kau titipkan padaku??

Tersadar aku, hilang sudah kesombongan duniawiku, runtuh sudah benteng pembelaanku, tak jauh aku harus mencari….. sosok kartini sejatiku, tak lain “Ibundaku tercinta…. thanks Mam… 4 always being there 4 me… 4 just being a simple and humble mother…..”

Maaaam…. sekarang aku tau dan aku bersyukur… aku bisa mengikuti langkah2mu, aku akan mengejar ketinggalanku selama ini, aku akan belajar banyaak dari perjalanan hidupmu, kuambil yang baik, kutinggalkan yg tidak patut, …. I’ll be a great super Mom for my little girl…

Ibu, bunda…. mari kita lihat lagi arti dan peran kita bagi kartini2 kecil kita…
Selamat Hari Kartini

Random Image
Nama
Email
Telp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>